Wahyu Cancerio Blog

Kuliah adalah impian banyak orang di dunia. Sebagian mereka yang beruntung dapat mencicipi bangku kuliah memilih jurusan yang sesuai minat dan keahlian. Menentukan kuliah di Universitas apa dan Jurusan yang tepat, bukanlah persoalan yang sepele. Tidak sedikit dari mereka yang sudah melewatkan Ujian Nasional tetapi masih bingung dalam memilih jurusan kuliahnya. Kurangnya informasi dan ketidaktahuan akan minat dan bakat yang dimiliki, kalo udah bingung gini kan gawat, ujung-ujungnya masuk ke jurusan pilihan orang tua. Ini yang bikin nyesel dikemudian hari.
Padahal, jika kita jeli, ada beberapa jurusan yang menjajikan untuk masa depan cerah dengan karir mapan dan gaji besar. Lalu, apa saja nih jurusan yang menjanjikan masa depan cerah? Apakah semua orang bisa masuk ke jurusan tersebut?
Nah, buat kamu yang masih bingung dengan pilihan jurusan yang sesuai dengan minat kamu, berikut ini ada beberapa jurusan yang kira-kira masa depannya cerah. Jurusan ini contohnya:

Teknik Perminyakan dan Pertambangan

Jurusan Teknik Perminyakan dan Pertambangan di Indonesia bisa dibilang langka. Tidak semua Universitas punya jurusan ini. Jurusan ini berhubungan dengan produksi hidrokarbon yang bisa berwujud gas mentah atau minyak.
Seperti yang kita ketahui bahwa sumber daya manusia di bidang teknik ini sangat dibutuhkan di seantero Negara yang mengolah sumber daya alam berupa minyak dan gas, termasuk di Indonesia. Perusahaan-perusahaan minyak baik di dalam atau luar negeri upah minimumnya nggak ada yang kecil lho!

Kedokteran
Peminat jurusan Kedokteran akan semakin meningkat, jurusan ini selalu menjadi primadona di setiap universitas negeri maupun swasta di Indonesia. kesehatan adalah segalanya bagi kita. Profesi Dokter adalah pekerjaan yang terkait dengan kesehatan manusia, membantu yang sakit agar kembali sehat. Kalo diperhatikan setiap hari pasti ada aja yang sakit, setiap periksa ke Dokter raba-raba dikit pake stetoskop udah puluhan ribu. Itu baru satu orang. Sedangkan penduduk di Indonesia banyaknya minta ampun. Makanya nggak heran, kalo ada tetanggamu ada yang dokter, pasti makmur.

Teknik Arsitektur
Jurusan Arsitektur merupakan jurusan yang mempelajari seni dan bangunan yang materinya berupa Seni dan Teknik. Di jurusan ini kemampuan menggambar menjadi penting meskipun bukan syarat mutlak. Beberapa materi juga menuntut kemapuan berhitung karena dalam menggambar bangunan memerlukan perhitungan yang tepat. Selain itu, kamu dituntut untuk bisa ber-kreativitas, berimajinasi dan berinovasi.
Selain merasa keren kuliah di jurusan ini, dengan otak kreatif dan dasar ilmu-ilmu yang dimiliki , mahasiswa Arsitektur dapat dengan mudah masuk ke dunia industry kreatif, seperti desain produk, desain interior, desain visual dan lainnya.

Teknik Informatika
Dengan melihat kemajuan teknologi yang semakin canggih, hampir semuanya berbasis dengan komputer. Nah, maka dari itu, Teknik Informatika atau bisa juga disebut teknik komputer masuk ke dalam jurusan yang masa depannya cerah, guys.
Informasi tuh udah menjadi aspek kebutuhan yang penting banget, demi menunjang berbagai macam kepentingan, termasuk kepentingan bisnis, baik yang sifatnya berjangka panjang atau yang sifatnya berjangka pendek.

Teknik Kimia
Jurusan Teknik Kimia termasuk ke dalam jurusan yang bermasa depan cerah dan akan memberikan penghasilan yang besar bagi setiap lulusannya. Inilah beberapa produk yang melibatkan adanya campur tangan para pakar kimia yaitu pasta gigi, sabun, shampoo, sabun cuci, dan lainnya.
Dengan semakin banyaknya faktor kebutuhan masyarakat tehadap beberapa produk yang tadi disebutin, maka udah pasti dong produsen akan berlomba-lomba berusaha memenuhi kebutuhan tersebut. Jadi, disinilah seorang ahli kimia akan memainkan peran yang sangat
strategis demi menciptakan inovasi-inovasi yang baru dan produk yang unggul demi menjawab persaingan pasar.

Psikologi
Psikologi? Jurusan yang nanti kerjanya ngurusin orang stress sama sakit jiwa yah?
Itulah pernyataan orang-orang yang ngeremehin jurusan psikologi. Sebenarnya, jurusan ini ngga melulu isinya ngobrol sama orang gila. Sedikit penjelasan tentang jurusan ini, Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia dimana perilaku tersebut merupakan manifestasi dari jiwa seseorang. Psikologi itu luas sekali. Ada Psikologi klinis, nantinya bisa jadi trapis, konselor psikologis. Biasanya kerja di biro psikologi atau di RSJ.
Selain itu, ada Psikologi Industri, bisa jadi konsultan perusahaan lho. Biasanya kerja di LSM, Kepolisian, Dinsos, dll. Psikologi Perkembangan, bisa jadi konselor perkembangan. Terapis perkembangan. Biasanya kerja di PAUD, TK, Panti Jompo.
Psikologi Pendidikan, kerjanya di sekolah-sekolah. Coba saja sebutin jenis usaha profesional apa saja yang tidak menggunakan psikolog? Itu artinya psikolog dibutuhin dimana-mana dan menjanjikan masa depan yang cerah kan?

Hukum
Yang muncul dipikiran kamu tentang jurusan Hukum apa sih? Mahasiswa Hukum yang dianggap berkepribadiaan kaku, suka mengkritik, hobi berdebat kusir, berbagai pikiran negatif melekat dalam diri mereka. Padahal mereka yang mendiami jurusan hukum mempunyai sekian kualitas yang layak untuk dijadikan pendamping di masa depan.
Hukum adalah salah satu jurusan di Indonesia yang mahasiswanya paling banyak. Menurut survei yang dilakukan oleh Higher Education Statistic Agency di Inggris, hukum termasuk dalam 10 jurusan yang lulusannya paling mudah memperoleh pekerjaan.
Di dalam negeri dan di luar negeri, perusahaan besar dan bank misalnya, pastilah membutuhkan legal officer yang menangani segala urusahn perusahaan yang berkaitan dengan hukum. Bayangkan, berapa banyak sarjana Hukum yang dibutuhkan seluruh perusahaan yang ada di Indonesia ini?

Ilmu Komunikasi
Satu kata untuk jurusan ini: Strategis! Kenapa? Pertama, Jurusan ini membuat kamu banyak berinteraksi dengan orang, juga memahami karakter mereka, belajar tentang aktivitas yang pasti selalu ada dalam kehidupan manusia.
Seperti yang kita ketahui, jurusan Ilmu Komunikasi memiliki cabang yang begitu banyak ada Broadcasting, Jurnalistik, Public Relations, Advertising, Manajemen Media, Komunikasi Pemasaran, Komunikasi Massa, Komunikasi Bisnis, dan masih banyak lagi. Dengan jaman sekarang, masyarakat kita bisa lebih paham tentang kelebihan dari jurusan Ilmu Komunikasi yang ternyata penting banget.

Sastra Inggris
 
Jurusan Sastra Inggris. Jurusan ini termasuk ke dalam jurusan yang menjanjikan masa depan lho. Mengambil jurusan ini bukan berarti kalian akan menjadi guru Bahasa Inggris saja. Jurusan ini memiliki beberapa pekerjaan yang memiliki nilai tinggi, khususnya gaji.
Dari pekerjaan lulusan Sastra Inggris kalian bisa bekerja di Dinas Pendidikan sebagai guru Bahasa Inggris di sekolah, Dosen di Universitas atau tenaga pendidik di kursus Bahasa Inggris. Dunia Penerjemah sebagai penerjemah naskah-naskah sastra atau teks berbhasa Inggris/berbahasa Indonesia.
Dunia Pariwisata sebagai pemandu wisata yang memandu turis-turis barat, Dunia Percetakan sebagai Penulis, Editor. Dunia Bisnis sebagai marketing, bidang ekspor-impor. Dunia Jurnalistik sebagai Reporter, Wartawan Tim Kreatif. Dunia Sastra sebagai Kritikus Sastra, Peneliti Bahasa dan Sastra. Dinas Kepemerintahan sebagai Diplomat, bekerja di Departemen Luar Negeri.








Leave a Reply